Sabtu, 27 April 2013

Resume Tentang Struktur Pasar

Pasar yaitu sebagai tempat bertemunya antara si penjual dan si pembeli. Mereka saling berinteraksi melakukan transaksi jual dan beli barang dimana uang digunakan sebagai alat tukar- menukar.

Jenis-jenis Pasar terbagi menjadi :
  • Pasar Nyata, yaitu tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi jual beli barang atau jasa secara langsung. Contohnya seperti pasar tradisional.
  • Pasar Abstrak, dimana penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan untuk bertransaksi. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet. Contohnya seperti jual-beli Online.
  • Pasar Modern, dimana barang-barang yang diperjual-belikan dengan harga yang sudah ditentukan dengan layanan sendiri. Jenis pasar ini dapat berlangsung di mall dan plaza.
Macam-macam Pasar menurut bentuk dan strukturnya antara lain :
  • Pasar Persaingan Sempurna, yaitu dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan yang bersifat homogen.
  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna, yaitu pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli. Bentuk-bentuk dari Pasar Persaingan Tidak Sempurna antara lain :
  1. Pasar Monopoli, yaitu pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
  2. Pasar Oligopoli, yaitu pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa mempengaruhi harga.
  3. Pasar Duopoly, yaitu suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan atau penjual.
  4. Pasar Monopolistik, yaitu salah satu bentuk pasar  yang dimana terdapat banyak produsen menghasilkan yang barang sama tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang menunjukan karakteristik atau kelebihan produk yang dihasilkan oleh setiap perusahaan.
  5. Pasar Monopsoni, yaitu dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa di dalam suatu pasar.
  6. Pasar Oligopsoni, yaitu keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar