Selasa, 21 Januari 2014

Resensi Buku Penulisan Ilmiah

1.
Judul Buku : 20 Aplikasi Portable Paling Dicari
Penulis : Jubilee Enterprise
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2008
Jumlah Halaman : 290 halaman
ISBN : 978-979-27-2360-1
Jubilee Enterprise adalah perusahaan Book Content Provider yang sudah banyak membuat naskah-naskah dengan berbagai tema, khususnya komputer. Buku “20 Software Portable Paling Dicari” ini merupakan salah satu buku yang telah ditunggu-tunggu oleh pembaca yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi pada saat ini. Buku ini bersifat praktis dan mudah dipraktekkan sehingga menjadikan nilai tambah buku-buku karya Jubilee Enterprise selama ini. 
Portableapps.com adalah sebuah website yang khusus menyediakan banyak sekali program-program aplikasi yang bersifat portable. Program aplikasi portable tersebut dapat anda letakkan di dalam media penyimpanan portable apapun yang anda miliki dan dapat anda bawa ke manapun anda pergi. Software-software tersebut telah tersedia dan dapat anda download melalui website yang beralamatkan di htttp://www.portableapps.com dan ini gratis.
Kelebihan dari buku ini yaitu bahasa buku mudah dimengerti, teknik penulisan buku yang disertai dengan contoh gambar-gambar yang dapat mempermudah pembaca dalam mempraktekkan software-software portable tersebut, isi buku ini mengandung manfaat dan mengupas tuntas berbagai software portable paling dicari di dunia.
Dari beberapa kelebihan yang telah disebutkan diatas, terdapat juga kelemahan buku ini, antara lain yaitu tidak memberitahu bagaimana  menginstall software-software portable tersebut sehingga pembaca akan lebih sulit mempraktekkannya tanpa panduan buku lain serta referensi lainnya.
Buku ini cocok dibaca sebagai panduan bagaimana cara menggunakan software-software portable yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pekerja yang membutuhkan software aplikasi portable lebih jelas.


2.
Judul Buku : Pengantar Fisika Listrik Magnet
Penulis : Umar Yahdi
Penerbit : Gunadarma
Tahun terbit : 1994
Cetakan : Kelima
Jumlah Halaman : 205 halaman
Buku Pengantar Fisika Listrik Magnet ini disusun untuk para mahasiswa, khususnya mahasiswa Gunadarma dalam mengikuti mata kuliah Fisika Listrik Magnet untuk memberikan para mahasiswa kelancaran serta pemahaman yang lebih dalam mata kuliah ini. 
Pada buku ini, dalam setiap bab diberikan contoh soal serta cara penyelesaiannya dan banyak pula diberikan soal-soal untuk dikerjakan para mahasiswa sebagai latihan.
Kelebihan buku ini yaitu dalam setiap mengerjakan soal-soal ada cara-cara penyelesaiannya sehingga para mahasiswa tidak bingung jika mereka mengerjakan soal-soal latihan tanpa bimbingan dari dosennya dan buku ini juga terdapat contoh gambar-gambar yang dapat mempermudah para mahasiswa dalam pemahamannya.
Namun dari beberapa kelebihan diatas, ada juga beberapa kekurangan dari buku ini, antara lain yaitu beberapa rumus yang tidak ada keterangannya sehingga membuat bingung dan juga beberapa penggunaan bahasa yang belum benar.

1 komentar: