Jumat, 07 November 2014

Contoh WBS Dengan Penulisan Ilmiah

WBS merupakan kependekan dari Work Breakdown Structure. WBS ini adalah suatu metode pengorganisasian proyek menjadi struktur pelaporan hierarkis. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi agar lebih detail. Hal ini dimaksudkan agar proses perencanaan proyek memiliki tingkat yang lebih baik.

WBS disusun berdasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci.

Dalam WBS kita akan membuat daftar fase-fase pengerjaan project. Beberapa fase tergantung dari fase sebelumnya, tetapi ada juga beberapa fase yang bisa dikerjakan secara bersama-sama. Dari analisa ini kita bisa memperkirakan kapan project bisa dimulai dan kapan project bisa selesai.

WBS sangat penting dalam perencanaan project. Dengan WBS kita akan menuliskan tahapan-tahapan project secara mendetail. Dari tahapan-tahapan yang kita tuliskan kita kemudian akan menganalisa kebutuhan SDM (Sumber Daya Manusia) dan sumber-sember daya lainnya seperti tempat, fasilitas, alat-alat yang diperlukan. Dari analisa sumber daya-sumber daya ini kemudian kita bisa tentukan total waktu yang dibutuhkan. Dari total waktu yang dibutuhkan dan pemakaian sumber-sumber daya lainnya kita bisa menentukan biaya project. Biaya project ditambah dengan keuntungan yang ingin kita peroleh maka didapatkan harga project. Berikut adalah manfaat dari Work Breakdown Structure (WBS) :
  1. Mengurangi kompleksitas
  2. Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  3. Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  4. Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  5. Perencanaan manajemen resiko (Risk Management Planning)
  6. Identifikasi aktivitas (Activity Definition)
Pada Penulisan Ilmiah ini berjudul “ Kunci-Kunci Dasar Gitar Untuk Pemula”. Di dalam penulisan ilmiah ini, saya menggunakan teknik WBS yang mampu mempermudah pengerjaan penulisan ini.

Pada aplikasi ini terdapat 8 class, yaitu Halaman Utama, Menu, Tentang, Keluar, Tangan Kanan, Tangan Kiri, kunci dasar gitar yang terdiri dari Kunci A, Kunci Am, Kunci B, Kunci Bm, Kunci C, Kunci Cm, Kunci D, Kunci Dm, Kunci E, Kunci Em, Kunci F, Kunci Fm, Kunci G, dan Kunci Gm untuk Tangan Kanan yang dijadikan dalam 1 class, begitu juga untuk Tangan Kiri. Di dalam class Menu terdapat Tangan Kanan dan Tangan Kiri yang setiap masing-masing tangan akan memberikan menampilkan informasi kunci dan mendengarkan suara dari tiap-tiap kunci. Di dalam class Tentang terdapat informasi aplikasi

Berikut ini adalah contoh WBS dalam Penulisan Ilmiah saya :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar