Senin, 28 April 2014

Tugas 2

Text to Speech adalah sebuah sistem yang dapat mengubah teks menjadi audiovisual yang dapat di dengarkan. Banyak orang lebih senang mendengarkan sebuah teks buku cerita, novel, dongeng atau buku lainnya dibanding membaca secara langsung teks atau kalimat yang ada dalam buku tersebut . Ultra Hal Text-to-Speech adalah sebuah program sederhana untuk membantu pengguna memilih sebuah teks atau dokumen yang berisi teks dan secara otomatis software tersebut akan membacanya yang bisa didengar langsung lewat loudspeaker komputer. Program ini gratis, memiliki antarmuka yang sangat sederhana yang mungkin pengguna tidak terkesan dengan penampilannya, tetapi dibalik kesederhanaannya software ini terdapat fitur yang sangat bermanfaat untuk mengkonversi text menjadi suara.

Fitur-fiturnya antara lain yaitu untuk membuka file text  tersedia menu pull-down di bagian kiri atas, pilih File kemudian pilih dokumen yang akan dibaca oleh software, terdapat tiga slider untuk mengontrol kecepatan, pitch dan volume, counter waktu, dan link untuk men-download suara agar lebih realistis. Pengoperasian software Ultra Hal adalah sangatlah sederhana sehingga memudahkan pengguna. Selain membaca file dokumen , pengguna juga dapat mengetik kata, frase, atau paragraf  secara langsung di text editor. Selanjutnya klik tombol "Say" untuk mulai mendengarkan software membaca kata perkata hingga semua kalimat selesai terbaca oleh software.

Ultra Hal Reader adalah cara yang sederhana dan efektif untuk membuat teks yang ditulis menjadi sebuah narasi . Software ini bisa salah satu pilihan sebagai software konverter text to speech.

Sistem operasi yang didukung oleh Ultra Hal Reader :

·         Windows 2003
·         Windows Me
·         Windows 98
·         Windows 95
·         Windows 2000
·         Windows Vista
·         Windows NT
·         Windows XP

Salah satu kelemahan software di atas yaitu dialek yang digunakan pada saat membaca teks masih menggunakan dialek bahasa Inggris, sehingga software di atas cocok untuk belajar intonasi kata-kata dan percakapan dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk membaca teks menjadi suara atau narasi dalam dialek bahasa Indonesia bisa menggunakan software Indo TTS. Berikut ini adalah spesifikasi IndoTTS :

·         Menerima inout berupa kalimat atau ayat (kalimat ganda) 
·         Intonasi bahasa Indonesia yang Dinamis
·         Output Langsung ke Soundcard
·         Menggunakan High Quality Diphone Concatenation Technology
·         Menggunakan Indonesian Diphone Database (gratis untuk penggunaan non-komersial saja)
·         Didukung oleh update database yang berisi 2500 entri mengeja "e" dalam Bahasa Indonesia


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar